Selasa, 07 Oktober 2008

Pondasi rumah kita

. Selasa, 07 Oktober 2008

Pondasi adalah langkah awal dalam membuat bangunan rumah kita, jadi kita harus merencanakan tata letak ruang yang pasti dan matang untuk rumah kita dan tentunya sesuai dengan denah rumah yang ada, knapa….? karena bila dkemudian hari ada kesalahan atau perubahan ruang maka bangunan mulai dari pondasi, sloof dan kolom beton, dinding yang sudah jadi bisa dibongkar kembali,coba brapa dana lg yang harus dikeluarkan untuk itu. Lain lagi lo.. kalo rekan2 mo merehab rumahnya lagi mkn karena ingin ganti suasana baru atau nambah ruangan lagi.

Pengen mencicil bangunan dan pondasi ?…he..he..konstruksi bangunan aja dicicil…,kayak kami nih nyicil pondasi ama bangunan bagian belakang dulu, besok kalo ada dana lg kita lanjutin bangunannya
Jadi kalo rekan mungkin ada yg mo nyicil bangunan sesuai dengan dana yang ada, maka mempertimbangkan pondasi dan bangunan mana dulu yang dibikin harus diperhitungkan tuh..
Selain itu,bila rekan2 ada rencana kdepan untuk meninggikan bangunan rumah maka mempertimbangkan pondasi, ataupun tambahan kolom cakar ayam dalam peletakannya perlu jg diperhitungkan sebelumnya bila akan menyicil bangunan tersebut.

Cakar ayam untuk bangunan berlantai 2 paling minim dengan ukuran 60 x 60cm dengan diameter besi 10 mm dan tentunya semakin besar akan semakin bagus.
Pondasi dengan menggunakan batu kali lebar bawah 60 cm, lebar atas 25 cm, dan tinggi 60 cm. sedangkan untuk perkuatan beton bertulang yaitu :
Kolom praktis 13 x 13 cm menggunakan tulangan 4 diameter 10 mm dengan begel diameter 8mm jarak < 150 mm. Balok sloof 13 x 20 cm dengan tulangan 4 diameter 10 mm dengan begel diameter 8mm jarak < 150 mm. Balok ring 13 x 15 cm tulangan 4 diameter 10 mm dengan begel diameter 8mm jarak 150 mm. Begel harus dibengkokkan 135 derajat dengan kait sekitar 10 kali diameter begel. Mutu campuran beton dianjurkan menggunakan perbandingan 1 PC : 2 Pasir : 3 Kerikil. Pencampuran bahan menggunakan air sebanyak 0,5 bagian.


Jenis pondasi biasanya adalah
a.Pondasi batu kali
- Pondasi menerus
- Pondasi setempat
- Pondasi dengan kolom cakar ayam
b. Pondasi sloof beton
c. Pondasi plat jalur beton

Pemakaian jenis pondasi ini tergantung dari jenis daerah ataupun tanah setempat dan yang lebih penting lagi tentunya tergantung dari dana yang kita punya, sebagai contoh nih… : daerah perkotaan yang tanahnya padat dan dana ada mkn lebih praktis dengan pondasi sloof beton atau dengan plat jalur beton. Namun utk daerah pinggiran atau pedesaan akan lebih murah dengan pondasi batu kali dan dengan kolom cakar ayam agar lebih kokoh bila punya rencana akan dibuat beberapa lantai.

Adapun ketentuan teknis tentang pondasi untuk batu kali
1. Pondasi harus ditempatkan pada tanah yang mantap, yaitu ditempatkan pada tanah keras, dasar pondasi diletakkan lebih dalam dari 45 cm dibawah permukaan tanah.
2. Seluruh badan pondasi harus tertanam dalam tanah
3. Pondasi harus dihubungkan dengan balok pondasi atau sloof, baik pada pondasi setempat maupun pondasi menerus
4. Balok pondasi harus diangkerkan pada pondasinya, dengan jarak angker setiap
1,50 meter dengan baja tulangan diameter 12 cm
5. Pondasi tidak boleh diletakkan terlalu dekan dengan dinding tebing, untuk mencegah
longsor, tebing diberi dinding penahan yang terbuat dari pasangan atau turap bambu
maupun kayu

Related Posts by Categories



4 komentar:

rina mengatakan...

apa beda pondasi menerus sama pondasi plat menerus

kia mengatakan...

kira-kira pondasi apa saja yang bisa dibangun diatas tanah pasir?

ARoeL mengatakan...

shiiip.....

Inank mengatakan...

Bagaimana jika Fondasi cakar ayam tapi suntikan dari fondasi yg sudah ada ? Apakah kekuatannya dapat dipertanggung jawabkan ?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
Blog rumah_ku is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com