Rabu, 08 Oktober 2008

9 Solusi pengudaraan dan pencahayaan untuk mengendalikan suhu dalam ruang

. Rabu, 08 Oktober 2008

Rumah secara alami sebenarnya mampu untuk mendinginkan ruangan secara alami dan rahasia ini terletak pada pemanfaatan angin atau melalui pengelolaan material untuk antisipasi panas akibat radiasi matahari. Dan melalui pendekatan dengan pengudaraan alami yang tepat diharap dapat mendinginkan ruangan secara alami tanpa bantuan alat seperti AC dan dianggap berhasil jk rumah tersebut terasa nyaman, dalam artikel serial RUMAH menyebutkan beberapa solusi yaitu :

1. Ventilasi silang
Ventilasi silang adalah dengan menciptakan perbedaan tekanan udara sehingga udara bisa mengalir.dan suhu akan terasa nyaman jika ada aliran udara didalamnya yang bisa bergerak dr dalam keluar atau sebaliknya.Ventilasi ini dapat diperoleh dengan meletakkan lebih dari satu bukaan pada sisi (bidang) yang berbeda.Macamnya yaitu pintu, jendela, lubang angin, jalusi yang perlu diperhatikan jg adalah ukuran, letak/arah hadap bukaan(ventilasi) dan desain.Beberapa arsitek mengatakan,buat bukaan sebanyak2nya agar sirkulasi berlangsung baik,jika tidak memungkinkan luas bukaan minimal 5% dari luas lantai ruangan.

2. Ventilasi dan insulasi atap
Mengurangi panas diatap akan mempengaruhi suhu ruang yang ada dibawahnya yaiu dengan beberapa cara :

- Ruang dibawah atap dilengkapi bukaan berupa sopi2 atau bagian atap yg diberi jendela agar panas tidak terperangkap
- Membuat ventilasi teritisan pada plafon teritisan yg dibiarkan terbuka berupa kisi2
- Menggunakan bahan insulasi atap(lembaran aluminium foil berlapis glass wool)
- Menggunakan turbin ventilator utk mempercepat pengeluaran udara panas

3. Menara angin berfungsi menghisap dan menangkap angin sehingga udara senantiasa bersirkulasi atau jg disebut efek cerobong. Menara angin dibuat dengan bentuk penutup menghadap arah datangnya angin sehingga angin terperangkap dan mengalir ke ruang dibawahnya.

4. Plafon tinggi
Jarak yang jauh antara lantai dengan plafon memungkinkan udara bergerak bebas pada ruang kosong dengan catatan ventilasi ruang jg baik sehingga ruang lebih sejuk, ketinggian plafon minimal 3 meter.

5. Material dan kemiringan atap
Material masif seperti dak beton membuat panas tidak dapat/lambat diteruskan dan ada baiknya lantai atas jg di dak beton namun biaya lebih mahal tapi jauh lebih nyaman.
Bentuk atap pelana dapat jg mengeliminasi suhu diruang bawahnya karena sudutnya yg tidak landai.

6. Gunakan material alam
Semakin banyak penggunaan bahan primer alam seperti kayu, batu alam, dan bata, semakin sejuk udara dalam ruangan

7. Warna terang
Permukaan berwarna terang tidak hanya terlihat bersih dan meluaskan pandangan tapi juga tidak menyerap radiasi matahari. Mk pilihlah warna seperti putih atau warna yang bercampur putih untuk cat eksterior rumah

8. Menghadirkan teras
Teras dapat berfungsi sebagai area peralihan yg dapat menciptakan iklim mikro, baik didalam bangunan atau disekitarnya.

9. Teritisan
Semakin lebar teritisan(atap tambahan yang berdiri sendiri atau perpanjangan dari atap utama) dapat membuat ruang semakin adem dan air hujan tidak akan tampias

Related Posts by Categories



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Blog rumah_ku is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com